Laman

Senin, 09 Juli 2012

BUNAKEN: AQUARIUM LAUT YANG CANTIK


     Dear Friends,

     Assalamualaikum wr. Wb.

     Apa kabar? Kami baik-baik saja-Alhamdulillah. 
Apa kamu belum punya rencana untuk liburan kali ini?  Kalau belum, aku punya saran yang cukup menarik nih.  Aku sudah mencobanya dan aku menyukainya karena tempat ini memberikan suatu pengalaman yang menarik, yaitu BUNAKEN di Sulawesi Utara.  Disana kita bisa melihat keindahan aquarium laut buatan Allah Swt.  Subhanallah.... cantik sekali....  Selain itu, kita juga bisa snorkeling  bersama keluarga atau diving-kalo kamu bisa dan bersertifikat. 
Keindahanan pantai dan laut di P. Bunaken

Dari Manado mencapai pulau Bunaken harus menggunakan kapal dan  memerlukan waktu sekitar 45 menit.  Ada dua cara untuk bisa sampai ke sana, tergantung dari kegiatan yang mau kita lakukan. 
1. Glass Bottom Boat, kalau cuma ingi melihat-lihat dan mengagumi keindahan aquarium lautnya- 
    terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang cantik-cantik.
2. Sewa kapal dari pelabuhan Calaca; kalau ingin snorkeling dan/atau diving.
 
Aku dan Annisa-putriku-menyewa kapal dari pelabuhan Calaca karena kami ingin snorkeling ke beberapa tempat- ga bisa diving sih.  Kenapa menyewa kapal?  Kalau ingin puas snorkeling di beberapa tempat dan bisa pulang kapan saja maka menyewa kapal adalah pilihan yang tepat.  Pemilik kapal akan mengantar kemana kita mau dan nunggu sampai kita puas snorkeling.   Kalau ingin menumpang kapal transportasi pulang pergi ke Bunaken-Manado juga bisa, tapi waktunya terbatas.  Jumlah penumpang harus mencukupi dulu baru kapal bisa berangkat.  Jadi seperti nungguin angkot yang lagi ngetem gituh.....  Ga oke-lah....


Kapal yang  membawa kami ke Bunaken

 
Pemilik kapal dan asistennya






Sampai di Pulau Bunaken, kami disambut oleh penduduk setempat yang menawarkan sarapan dan penyewaan perlengkapan snorkeling.  Mereka sangat ramah dan membantu... Ya iyalah... mereka adalah business people ..... Ramah-tamah adalah suatu keharusan.  Peralatan snorkeling dan camera bawah permukaaan airnya kami sewa dari mereka.  Cuma ada satu tempat penyewaaan, jadi ga terlalu pusing untuk memilih mana yang terbaik dan termurah. 
Menu sarapan:  Nasi Kuning
Rental alat snorkeling


Makan siang: Ikan Bakar Dabu-dabu

Snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang dam berbagai jenis ikan warna-warni merupakan anugrah Allah Swt untukku dan Annisa.  Bagaimana tidak?  Kami diberi kesempatan untuk menjadi saksi atas kehebatan ciptaanNya dan kemudahan untuk bisa sampai disana serba lancar.  Selain itu,  yang juga menyenangkan adalah disaat kami bisa berfoto di bawah permukaan air.  Kami juga menikmati salah satu kehebatan ilmu Allah yang telah diberikan kepada manusia yaitu teknologi photography dalam air.  Belakangan ini, sudah banyak orang yang memiliki camera bawah air yang memungkinkan kita mengambil foto-foto yang menarik.  Kami menyewa sebuah camera air yang tersedia disana.  Pada kesempatan ini, foto-foto bawah air kami di ambil oleh pemilik kapal dan asistennya yang saat itu juga berperan sebagai pemandu kegiatan snorkeling kami-multitasking kali ya... 
Annisa sedang snorkeling

Berfoto di tebing perbatasan terumbu karang dan laut Bunaken. 

Aku sedang menari di bawah permukaan air
 
Dear Friends,

Bagi manusia, percaya kepada Yang Maha Pencipta adalah suatu hal yang  mutlak.  Jika tidak, maka apa yang kita saksikan di dunia ini hanya menjadi hal-hal biasa saja.  Alam yang indah hanyalah sesuatu yang terjadi dengan sendirinya.... tidak ada tangan agung yang menciptakannya.  Kalau memang ciptaan itu adalah hal yang biasa yang terjadi dengan sendirinya,  mestinya manusia juga bisa membuat terumbu karang dan segala makhluk hidup yag ada disekitarnya.  Kenyataannya tidaklah demikian, bukan?  Manusia tidak dapat membuat terumbu karang seindah ciptaanNya, tidak bisa membuat ikan tiruan dan menghidupkannya, tidak bisa membuat biosistem penunjang kehidupan biota laut dan lain-lain, dan lainnya.  Kita tidak bisa mengingkari keagunganNya karena menyaksikan segala ciptaanNya di atas bumi ini.  Semoga kita selalu menjadi orang yang beriman, sehingga kemanapun kita berjalan di bumi ini menjadi amal ibadah yang diterima olehNya.  Amiin.

Dear Friends, 

Sampai disini dulu ya.  

   
Sampai jumpa    
Wassalamu alaikum wr. wb.
Temanmu,
Meitri

2 komentar:

  1. keren sekali bu....kapan ya kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rodamemn, terima kasih dah datang mengunjungi blog ini. Masukan Taman Laut Bunaken ke Wish List-mu. InsyaAllah bisa terkabul. Jangan lupa niat pergi kemanapun adalah untuk menyaksikan keagungan Allah Swt sehingga kita terlindung dari riya' dan sombong. InsyaAllah bisa pergi kesana.

      Hapus