Laman

Rabu, 11 Juli 2012

KISTA ATEROMA: Benjolan dengan Nama yang Cantik


Dear Friends,

Assalamu alaikum wr wb.

How are you?  With me everything is OK. Praise to Allah.  Hope everything is OK with you.  Amen.

Tubuh ini bukan kita yang memiliki tetapi Allah Swt  sehingga kuasa-Nya tak akan bisa dicegah oleh makhluk ciptaanya.  Kita boleh saja melakukan segala perawatan agar kulit kita bersih, halus dan tak cacat, tetapi toh masih saja ada yang luput atau hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita.  


Pada kasusku adalah munculnya sebuah benjolan di punggungku.   Namun Allah tidak akan membebani umatnya dengan cobaan kecuali yang sesuai dengan kesanggupannya. Sakit yang menimpa tubuh kita sudah pasti telah diukur oleh Allah.  Berbekal keyakinan ini, aku ridho menjalani proses pembedahan dan ridho bahwa ditubuhku bertambah satu lagi cacatnya.  Aku juga yakin bahwa tiada seorang muslim tertusuk duri (atau yang lebih dari itu), kecuali Allahmencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa. Amiin.

Beberapa bulan yang lalu, ada benjolan yang tumbuh dipunggungku.  Benjolan- yang awalnya ku pikir cuma jerawat- ternyata semakin membesar sampai  berdiameter sekitar 2 cm , ber”mata” dan berwarna merah.  Walaupun tidak sakit atau gatal, tapi warna merah menandakan telah terjadi infeksi dibenjolan itu. Berarti benjolan itu bukan sekedar jerawat, tetapi sesuatu yang lebih serius dibanding dengan jerawat.  


Setelah berkonsultasi dengan seorang dokter kulit, diagnosanya adalah Kista Ateroma -namanya bagus ya- dan sarannya adalah  pembedahan.   “Ga perlu khawatir....!”, kata dokter kulit itu.    Kista ini bisa terjadi dimana saja diseluruh permukaan tubuh kita yang berpori-pori.  Kista Ateroma muncul karena adanya penyumbatan kelenjar keringat.   Pengeluaran kotoran lewat keringat tidak terjadi sehingga mengakibatkan penumpukan dan benjolan. Biasanya ada bintik-“mata”- pada puncak benjolan itu.    Jadi bukan tumor atau kanker. Aaahhhh, leganya....., Alhamdulillah.  Pada kasusku, Kista Ateroma itu muncul di punggung.  Pada kasus lainnya adalah di alis mata.  Kasus ini terjadi pada pasien lain yang ditangani dokter bedahku itu.   Alhamdulillah, bukan aku yang mengalami hal itu.  Mudah-mudah setelah pembedahan ini ga akan muncul lagi dibagian tubuhku yang manapun juga.    Amiin.

Maka pada hari yang telah disepakati bersama dengan seorang dokter bedah perempuan, pembedahan itupun dilakukan.   Karena pembedahan  Kista Ateroma termasuk bedah minor, maka pembedahannya  bisa dilakukan di ruang praktek dokter bedah saja. Bedah minor lainnya adalah sunat, pengangkatan tahi lalat dan lainnya.   Proses pembedahan dengan anestesi lokal ini tidak memerlukan waktu yang lama.  Selama proses penyembuhan, penggantian perban, plester dan pengangkatan benang dilakukan sendiri oleh dokter bedah itu.  Setelah benang dicabut semua dan hasil pembedahan adalah memuaskan maka perawatan selanjutnya bisa dilakukan di rumah sampai luka bekas jahitannya benar-benar kering dan sembuh.

 
Dear Friends,

Begitulah kabar dariku.  Luka akibat dari pembedahan itu sudah sembuh total.  Sensasi tertusuk atau tercubit yang kadang muncul bila aku salah menggerakkan anggota badanku juga sudah tidak ada.  Alhamdulillah.  Saranku, jika menemukan benjolan di tubuhmu jangan panik dulu atau juga jangan menganggap remeh.  Selidiki dulu, cari informasi dulu, konsultasi dengan ahlinya dulu ya...
Sampai jumpa lagi..... <3 <3 <3


Wassalamu alaikum  wr wb
Temanmu,
Meitri

1 komentar: